Merokok Picu Terjadinya Kanker Mulut

08 Jul 2015

Kanker mulut mungkin menjadi salah satu jenis kanker yang masih jarang terjadi, namun hal ini mungkin saja terjadi pada para perokok berat. Seperti kita ketahui, merokok dapat menyebabkan berbagai jenis resiko penyakit termasuk kanker. Aneka jenis kanker juga bisa saja terjadi karena pengaruh bahan-bahan yang ada pada rokok. Menghisap rokok sama artinya menghisap racun. Jadi ketika racun sudah menumpuk, akan memberikan dampak buruk berupa timbulnya penyakit baru pada tubuh. Beberapa jenis penyakit kanker yang biasa disebabkan oleh rokok adalah kanker paru-paru, kanker mulut hingga kanker otak. Penyakit jantung dan berbagai jenis gangguan saraf juga bisa terjadi karena pengaruh rokok.

Kanker mulut terjadi pada mulut, ditandai dengan terjadinya pembengkakan pada langit-langit mulut, gusi, bibir, lidah dan semua bagian mulut. Meskipun terletak pada bagian organ mulut, kanker ini juga bisa berakibat kematian seperti umumnya penyakit kanker lain. Mereka yang beresiko  besar mengalami penyakit ini salah satunya adalah para perokok berat. Rokok tidak serta merta menyebabkan kanker, namun penggunaan yang sebentar pun sudah memungkinkan  racun yang masuk ke dalam tubuh mampu memicu tumbuhnya sel kanker. Oleh karena itu, jauhi gaya hidup yang tak sehat tersebut, meski merokok menjadi kebanggaan para pria, namun mereka harus sadar bahwa itu adalah kebanggaan yang akan mengantarkan pada kematian. Para perokok baik pria maupun wanita tetap bisa mengalami penyakit kanker mulut.

Lalu bagaimana jika saat ini Anda adalah perokok berat dan ingin berhenti merokok untuk menghindarkan penyakit kanker mulut yang bisa terjadi kapan saja, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan:

  1. Sudah pernah mendengar istilah rokok herbal? Ya, bagi Anda para perokok tak ada salahnya mencoba rokok sehat ini. Rokok herbal terbuat dari bahan-bahan herbal yang akan memberikan banyak manfaat kesehatan. Jika Anda sangat ketagihan dengan tiap hisapan rokok, maka rokok herbal inilah menjadi solusi yang paling mudah dan mungkin Anda lakukan.

  2. Berhenti secara bertahap bisa Anda lakukan dengan diiringi mengkonsumsi aneka kopi-kopi herbal yang menyehatkan tubuh. Saat ada banyak sekali kopi-kopi produksi herbal yang rasanya sangat nikmat namun juga menyehatkan tubuh. Jika mengkonsumsi kopi biasa Anda akan beresiko mengalami berbagai penyakit, kopi herbal malah sebaliknya. Anda akan sehat dengan ramuan kekebalan tubuh yang ada di dalam kopi herbal tersebut.

  3. Sayangi mulut Anda dari resiko kanker mulut dengan berhenti merokok, caranya mungkin bisa dengan mengambil momen bulan Ramadhan. Jika di siang hari Anda tidak merokok, maka bisa dilanjutkan kebiasaan baik ini setelah bulan Ramadhan nanti.

Selain menghindari rokok, penyakit kanker mulut sama dengan penyakit kanker lainnya, yakni Anda harus mengkonsumsi cadangan makanan yang banyak mengandung anti oksidan seperti aneka sayur dan buah, jus kulit manggis, air lemon hangat dicampur madu dan sebagainya. Semakin tinggi kandungan antioksidan suatu bahan, maka akan semakin baik untuk mencegah terjadinya kanker mulut pada diri Anda. Bukan hanya kanker mulut, semua jenis kanker juga bisa ditangani dengan jumlah antioksidan yang tinggi untuk mencegahnya. Perbanyak mengkonsumsi air putih untuk melancarkan pencernaan dalam tubuh, sehingga racun-racun akan lebih cepat dibuang dari luar tubuh dan tidak dibiarkan mengendap lebih lama. Ada banyak juga obat herbal anti kanker yang bisa Anda konsumsi sebagai pencegahan dari berbagai jenis kanker termasuk kanker mulut.