PENYAKIT KANKER

08 May 2015

Penyakit kanker merupakan suatu penyakit yang sulit dikenali hingga sudah mencapai stadium lanjut. Ada berbagai macam penyakit kanker karena kaker dapat menyerang bagian apapun yang ada di tubuh kita. Kanker terjadi karena pertumbuhan abnormal dari sel-sel yang akhirnya menyerang sel-sel sehat yang ada disekitarnya. Kanker mempunyai 4 stadium dari stadium satu yang merupakan stadium dini penyakit kanker hingga stadium 4 yang merupakan stadium akhir dari kanker. Stadium satu hingga stadium tiga masih ada kemungkinan sembuh dengan melakukan kemoterapi dan pengobatan menggunakan obat-obatan kimiawi maupun pengobatan alami. Saat mencapai stadium 4 biasanya kanker sulit untuk disembuhkan sekalipun menggunakan kemoterapi. Di artikel saya kali ini saya akan membahas  mengenai gejala umum penyakit kanker ini dan pencegahan penyakit kanker.

 

Gejala-Gejala Umum Penyakit Kanker

 Ada beberapa gejala umum dari penyakit kanker ini antara lain:

  1. Benjolan

Gejala umum kanker yang biasa ditemukan adalah benjolan seperti di leher, ketiak, kaki, payudara dan sebagainya. Pada stadium awal benjolan ini tidak akan terasa sakit namun seiring stadium semakin memburuk maka benjolan akan mulai terasa sakit dan ukurannya pun semakin membesar. Contoh yang pernah saya lihat adalah kasus tante saya sendiri yang awalnya menemukan benjolan sebesar telor puyuh di payudaranya dan tidak terasa sakit namun hanya dalam waktu kurang dari 4 bulan benjolan tersebut membesar dan terasa sakit dan akhirnya meninggal dunia hanya dalam 3 hari setelah benjolan tersebut membesar dan terasa sakit karena kanker tersebut merupakan jenis kanker payudara yang sangat ganas.

  1. Berat badan yang menurun drastis

Gejala ini juga merupakan gejala yang umum ditemukan pada pasien dengan penyakit kanker. Pasien kanker dengan stadium lanjut biasnya mengalami penurunan berat tubuh yang sangat drastis dalam waktu yang sangat singkat. Hal ini di akibatkan karena tersumbatnya aliran darah oleh sel-sel kanker yang sudah menyebar di seluruh agian tubuh sehingga sel-sel yang sehat tidak akan memperoleh makanan yang cukup dari darah dan menderita kelaparan.

  1. Sakit yang tak kunjung sembuh

Biasanya seorang penderita kanker akan memiliki sakit yang tidak kunjung sembuh. Gejala ini akan berbeda pada setiap penyakit kanker contohnya pada kanker kulit akan terlihat tahi lalat yang semakin membesar namun umumnya gejala yang terlihat adalah adanya luka yang tidak kunjung kering atau sembuh, keluarnya darah dari mulut atau hidung, sulit makan atau kehilangan slera makan dan sebagainya.

 

Pencegahan Penyakit Kanker

Walaupun belum diketahui dengan pasti apa penyebab sel-sel sehat tersebut berubah menjadi sel-sel kanker namun penyakit kanker bisa di cegah dengan berbagai macam cara dan salah satunya adalah dengan mengubah pola hidup kita terutama pola makan kita karena sebagian besar kanker diketahui disebabkan oleh makanan yang tidak sehat yang masuk ke dalam tubuh kita contohnya “junk food” yang mengandung banyak lemak dan hormon estrogen yang bisa menyebabkan kanker di payudara. Oleh karena itu sangat penting untuk menjalani hidup dengan pola makan makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran karena mengandung serat dan vitamin juga zat-zat yang bisa mencegah kanker seperti antioksidan, selenium, magnesium, asam folat dan kalsium. Selain mengubah pola makan maka pola hidup yang burukpun harus dirubah seperti kebiasaan merokok, kebiasaan meminum alkohol dan sebagainya. Sekian artikel saya mengenai penyakit kanker ini dan semoga informasi di dalamnya berguna bagi anda.