Angina Pektoris

 

Angina pektoris atau disebut juga  Angin Duduk adalah penyakit jantung iskemia didefinisikan sebagai berkurangnya pasokan oksigen dan menurunnya aliran darah ke dalam miokardium. Gangguan tersebut bisa karena suplai oksigen yang turun (adanya aterosklerosis koroner atau spasme arteria koroner) atau kebutuhan oksigen yang meningkat. Sebagai manifestasi keadaan tersebut akan timbul Angina pektoris yang pada akhirnya dapat berkembang menjadi infark miokard. Gejala angina pektoris ditandai dengan rasa berat didada dan menjalar ke lengan kiri.

 Angina pektoris berkaitan dengan penyakit jantung koroner aterosklerotik, tetapi dalam beberapa kasus dapat merupakan kelanjutan dari stenosis aorta berat, insufisiensi atau hipertrofi kardiomiopati tanpa maupun disertai obstruksi, aortitis sifilitika, peningkatan kebutuhan metabolik, anemia, tarkikardia paroksismal dengan frekuensi ventrikel cepat, emboli atau spasme koroner.

Penyakit jantung iskemik merupakan penyebab kematian terbanyak didunia. Pencegahan terhadap penyakit jantung iskemik adalah dengan berolahraga, diet sehat, menjaga asupan makanan dan membatasi konsumsi lemak, tidak merokok dan meminum alkohol.