Hu Po - ?? – Succinum – Amber

  1. Hu Po - ?? – Succinum – Amber

 

 

 

  1. Nama Lain : "Ruh harimau."
  2. Properti Tumbuhan:
    1. Nama Cinanya yang berarti "ruh harimau" didasarkan pada sebuah legenda kuno yang menyatakan bahwa ketika harimau mati, ruhnya masuk ke dalam tanah dan berubah menjadi bahan ini.
    2. Konon, amber merupakan resin dari spesies cemara yang telah punah yang "telah berada dalam tanah selama ribuan tahun." Orang Yunani dan Cina kuno, begitu pula para peneliti modern, semuanya sepakat tentang hal ini.
    3. Bongkah-bongkah yang berisi semut, lebah, dan serangga lain yang telah terawetkan memiliki nilai yang sangat tinggi.
    4. Spesimen terbaiknya sering kali diasah dan diolah menjadi bentuk ornamen atas permintaan orang kaya. Warnanya berkisar antara kuning susu hingga cokelat keemasan yang tembus pandang dan gelap. Amber selalu dibeli di tempat yang terpercaya karena barang ini sering kali dipalsukan dan dijual sebagai benda riil yang sulit dibedakan oleh mata yang tidak terlatih.
    5. Bagian obat: resin yang telah membatu (menjadi fosil).

 

  1. Daerah Asal Tumbuhan : Wilayah penghasil Amber yang paling utama adalah India, Afrika, Burma, Yunnan, dan wilayah lain di Cina selatan, dan Korea.
  2. Properti Obat:
    1. Sifat: Netral
    2. Citarasa: manis
    3. Relevansi: Ginjal.
  3. Farmakologi:
    1. Daya Terapi / Khasiat:
      1. Pemulih kesehatan vital; Penambah tenaga, Penyegar badan; Peluruh air seni; Pereda rasa nyeri; Penenang otak dan Penguat fungsi saraf; Penghilang gumpalan dalam aliran darah; Penghilang katara.
      2. Penenang energi Ginjal.
      3. Pendingin api yang berlebihan dalam Kandung Kemih.
    2. Indikasi:
      1. Darah dalam urine.
      2. Urine keruh dan gelap;
      3. Urin langka.
      4. Siklus haid terhenti secara tidak normal.
      5. Mimpi basah. Kejang syaraf.
      6. Gangguan saraf.
      7. Katarak.
      8. Panas di dalam Ginjal dan Kandung Kemih.
    3. Dosis :  bubuk (biasa, kapsul, infus, atau pil madu): 0,9 - 2 gram bahan kering.
    4. Kontraindikasi : tidak ada.
    5. Kontradiksi : tidak ada.

 

 

  1. Catatan:

Di zaman Asia kuno, amber dianggap mengandung kekuatan supranatural khusus dan energi penyembuh yang dapat melindungi orang yang memakainya sebagai hiasan jimat di tubuh mereka. Amber masih menjadi bahan dasar yang sangat populer untuk membuat mala biji-biji tasbih yang digunakan di seluruh Asia dalam praktik meditasi dan pembacaan mantra. Pengetahuan mistik yang dikaitkan dengan tanaman obat biasanya mencakup juga khasiat pengobatannya, namun dengan mengesampingkan unsur magis dan mistiknya, amber tetap mempunyai khasiat terapi, khususnya untuk mengobati penyakit yang menyerang sistem syaraf.