Mengenal Pola Makan 3J untuk Para Penderita Diabetes

21 Dec 2015

Beberapa tahun belakangan ini, diabetes bukan lagi penyakit yang asing bagi masyarakat modern. Pola hidup yang kurang sehat memengaruhi peningkatan jumlah penderita diabetes setiap tahunnya. Selain pengobatan modern, sebagian penderita juga memilih obat-obat tradisional untuk membantu proses penyembuhannya.

 

Sebenarnya, mengonsumsi aneka obat saja tidak cukup untuk memperbaiki kondisi kesehatan para penderita diabetes. Diabetesi juga wajib mengatur pola makan secara disiplin. Pengaturan pola makan yang dimaksud bukan berarti sama sekali tidak boleh mengonsumsi sesuatu yang mengandung gula. Anda bisa tetap bugar walaupun mengidap diabetes dengan menjalani pola makan 3J berikut ini.

 

Jadwal Makan yang Teratur

Jadwal makan adalah syarat pertama dalam pola makan 3J. Anda patut mengonsumsi makanan secara teratur mulai dari sarapan, makan siang, makan malam, serta hidangan selingan. Alangkah lebih baik jika Anda bisa membagi porsi makanan ke dalam jumlah yang lebih kecil namun dengan frekuensi yang lebih sering, yaitu 5-6 kali sehari. Dengan demikian, tubuh akan mencerna karbohidrat secara lambat dan kestabilan gula darah akan terjaga dengan baik. Hasilnya, tentu saja sensitifitas insulin menjadi semakin baik sehingga dapat mendukung metabolisme tubuh. Asupan karbohidrat yang masuk ke tubuh pun  berhasil diolah menjadi energi dan cadangan makanan.

 

Jumlah Makanan yang Sesuai dengan Kebutuhan Tubuh

Sebaiknya, ketahui dulu kebutuhan nutrisi harian Anda secara jelas karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Biasanya, perbedaan kebutuhan tersebut dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin, aktivitas, berat dan tinggi badan, serta kondisi kesehatan. Penderita diabetes dengan aktivitas fisik yang rendah disarankan untuk membatasi porsi makan agar tidak menambah kenaikan kadar gula darah secara signifikan.

 

Jenis Makanan yang Patut Dikonsumsi

Tak sekadar soal jadwal dan jumlah, jenis makanan pun patut diperhitungkan dengan baik. Idealnya, setiap porsi makan penderita diabetes harus terdiri dari ½ porsi sayuran, ¼ porsi karbohidrat kompleks (seperti nasi merah, roti gandum, atau oatmeal), serta ¼ sumber protein (daging rendah lemak, ikan, ayam tanpa kulit, telur, olahan kedelai, atau kacang-kacangan). Jumlah ini akan mencukupi kebutuhan kalori, lemak, serat, vitamin, dan mineral tubuh sekaligus tidak membuat kadar gula darah meningkat secara berlebihan.

 

Setelah berhasil mempraktikkan pola makan 3J secara konsisten, lengkapi pula kebutuhan tubuh Anda dengan obat herbal untuk diabetes yang alami. Kemadiamel dari Red Kank merupakan solusi yang efektif untuk mengatasi diabetes. Bahan-bahan alami yang terkandung dalam Kemadiamel membuat obat herbal yang satu ini aman dan cocok dikonsumsi secara rutin.

 

Dapatkan Kemadiamel sekarang juga dengan menghubungi media sosial Red Kank atau mengirimkan SMS ke 0812 89 888 666. Jangan menunda-nunda pola hidup sehat dan konsumsi obat herbal demi kestabilan kadar gula darah Anda.


 

Sumber:

sobatdiabet.org/news/3-j-strategi-mudah-mengatur-pola-makan-sehat/

hariansehat.com/jaga-kesehatan-anda-dengan-3-aturan-waktu-makan-ini/

indodiabetes.com/pola-makan-3j-untuk-penderita-diabetes.html

redkank.com/product/detail/37-kemadiamel-diabetes-kelenjar-endoctrin

Diakses pada : 15 Desember 2015