Indikator Gangguan Kesehatan Dari Letak Jerawat

01 Jun 2015

Siapa yang tidak mengenal jerawat? Benjolan kecil yang umumnya terdapat diwajah berwarna merah terkadang menjadi hal yang ditakutkan apabila jerawat itu muncul. Jerawat terkadang dianggap salah satu penganggu penampilan yang tidak jarang meninggalkan noda diwajah sehingga menyebabkan seseorang menjadi tidak nyaman.

Jerawat muncul karena:

  1. Kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan yang tidak bersih

  2. Menggunakan kosmetika yang salah

  3. Tidak rutin membersihkan wajah

  4. Tidak menjaga kebersihan peralatan kosmetik

  5. Penggunaan peralatan kosmetika yang bergantian

  6. Faktor makanan (kebisasaan memakan makanan pedas, berlemak tanpa diimbangi dengan serat).

  7. Faktor genetik

Meskipun demikian, ternyata munculnya jerawat juga bisa menjadi tanda adanya penyakit dalam tubuh. Membaca penyakit dari letak jerawat juga sering dilakukan orang zaman dulu. Dari letak jerawat tersebut mereka bisa mengetahui jenis penyakit apa yang diderita oleh si penderita.Bagaimana cara mengetahui penyakit yang terdapat dalam tubuh dengan jerawat? Berikut ini merupakan cara membaca jerawat ditubuhmu:

sumber gambar : http://www.acne.com/wp-content/uploads/2015/04/Acne-02-440x293.jpg

 

Zona 1 dan 3 : Sistem Pencernaan

Posisi ini menandakan terlalu banyak lemak pada tubuhmu, saatnya berhenti untuk mengonsumsi makanan siap saji. Untuk menanggulanginya minumlah banyak air putih atau teh hijau, dan makanan yang bersifat dingin seperti mentimun, lobak, stroberi, tahu, dan kunyit. Hindari minuman bersoda dan susu

Zona 2 : Liver

Penyebabnya adalah minuman beralkohol, makanan berminyak, dan makanan berbahan dasar susu. Selain itu, reaksi alergi terhadap makanan tertentu juga dapat menimbulkan jerawat pada posisi ini. Untuk menanggulanginya berikanlah suplemen yang baik untuk liver dan banyak mengonsumsi protein nabati. Lakukan juga 30 menit olahraga ringan setiap hari dan dapatkan tidur yang cukup sehingga hati dapat beristirahat

Zona 4 dan 10 : Ginjal

Area ini terhubung dengan kinerja ginjal, untuk itu perbanyaklah mengonsumsi air mineral yang benar-benar murni, atau bila perlu mengandung oksigen. Kurangi mengonsumsi minuman mengandung kafein terutama kopi, lebih baik lagi bila secara total tidak menyentuhnya sama sekali,

Zona 5 dan 9 : Sistem Pernapasan

Jerawat yang muncul di pipi kanan atau kiri adalah tanda adanya gangguan pada sistem pernapasan. Hal ini bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok atau tubuh terlalu banyak menghirup asap rokok. Lebih baik kurangi aktivitas merokok sebelum bertambah parah. Kemungkinan yang lain adalah karena reaksi alergi dan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang bersifat panas untuk tubuh. Perbanyaklah berjalan kaki untuk mendapatkan udara segar, makan makanan yang bersifat dingin seperti buah dan sayur. Faktor kebersihan juga menjadi pemicu, seperti bantal dan telpon genggam yang kotor.

Zona 6 dan 8 : Mata dan Ginjal

Terhubung dengan mata dan ginjal. apapun yang muncul disekitar mata (termasuk lingkaran hitam) menunjukkan dehidrasi.Kurangi minuman bersoda, jus dengan gula, kopi dan teh yang manis, kurangi resiko yang ada dengan meminum air mineral yang murni dan telah disaring dengan baik. Perhatikan lagi pola makan Anda agar tubuh lebih sehat.

Zona 7

Banyak hal yang bisa jadi penyebabnya, diantaranya adalah diet yang tak seimbang, sembelit, kembung, permasalahan lambung, sirkulasi darah yang kurang baik, dan gangguan pencernaan. Kurangi makanan yang pedas dan tajam rasanya, makanan berbahan daging, dan bergaram. Lakukan olahraga teratur,perbanyak menghirup udara pagi, makan buah dan sayur, kacang-kacangan, dan Omega 3.

Zona 11 dan 13 : Hormon

Ketidak seimbangan hormon dikarenakan stress membuat jerawat timbul pada posisi ini. Tidurlah 7-8 hari setiap harinya, lakukan olahraga atau meditasi, makan sayur dan buah yang cukup, serta olahraga yang teratur.

 

Zona 12 : Perut

Jerawat pada dagu bisa menjadi tanda adanya masalah pada usus Anda. Perhatikan lagi jenis makanan apa saja yang Anda makan. Hindari makanan yang bisa membuat kondisi usus jadi semakin rusak. Banyak makanan tidak sehat telah masuk ke perutmu, sehingga menyebabkan gangguan pecernaan. Untuk itu, tambahkan makanan mengandung serat pada menu sehari-hari, lalu lakukan olahraga teratur.

Zona 14 : Sakit

Tubuhmu tengah melawan bakteri, sehingga menyebabkannya mulai melemah. Tenangkan badanmu sejenak bila mulai terasa sesuatu, perbanyaklah minum air mineral untuk membantu tubuh tenang dan menguat.

 

Penulis: Lingga Yuliana

Diolah dari berbagai sumber