Puasa Sehat Tanpa Dehidrasi

06 Jul 2015

Puasa merupakan tradisi yang umumnya dilakukan umat muslim saat bulan ramadhan dengan jangka waktu 30 hari. Puasa yang dilakukan umat muslim tidak makan dan minum selama kurang lebih 14 jam. Rasa lelah juga lemas pasti akan terasa karena tidak ada asupan nutrisi yang terjadi selama 14 jam berpuasa. Bukan berarti, hal ini menjadi halangan untuk tidak berpuasa. Untuk menjalankan niat berpuasa tanpa dehidrasi, berikut ini merupakan tips-tips yang dapat dilakukan:

  • Minum minimal 8 gelas setiap hari
    Selama berpuasa, tidak ada asupan cairan ke dalam tubuh. Otomatis, ritme dalam mengonsumsi air minum juga disesuaikan dengan waktu berpuasa. Minum 2 gelas d saat sahur, 4 gelas saat berbuka puasa dan 2 gelas menjelang tidur.

  • Konsumsilah makanan yang mengandung banyak cairan, seperti melon, semangka, mentimun, dan tomat. Konsumsi sayuran yang cukup dapat mencegah anda mengalami sembelit akibat susah buang air besar.

  • Kurangi aktivitas outdoor selama bulan puasa karena semakin menguras cairan dalam tubuh. Tetapi, bila tetap harus beraktivitas di luar ruangan, lindungi kepala dari sinar matahari dengan topi atau payung. Kenakan pula busana berbahan ringan dan cerah untuk menghindari keringat berlebih dan ‘menahan’ sengatan matahari. 

  • Pilih pakaian dengan bahan yang nyaman dan tidak panas supaya frekuensi pengeluaran keringat secara berlebihan dapat diminimalkan agar tidak terjadi dehidrasi.

  • Hindari mengonsumsi kafein seperti kopi dan teh yang akan mempercepat dehidrasi pada tubuh.

  • Konsumsi cairan yang mengandung isotonik seperti air kelapa. Air kelapa memiliki jumlah elektrolit yang sama dengan yang dimiliki sel dan plasma tubuh. Anda mungkin juga tahu bahwa ada salah satu produk minuman isotonic yang mengandung air kelapa sebagai bahan utamanya. Anda bisa minum air kelapa tanpa tambahan apapun atau anda juga bisa menambahkannya pada minuman yang anda sukai misalnya jus.

  • Memperbanyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan

Semua sayur dan buah memiliki kadar air yang tinggi namun beberapa diantaranya memiliki kandungan air yang lebih banyak dibanding yang lain. Menambahkan sayur dan buah dalam menu sahur anda akan membuat anda tetap terhidrasi sepanjang hari, dan jangan lupa menambahkan sayur dan buah ke dalam menu berbuka puasa anda juga. Sayur dan buah yang 90% kandungannya adalah air antara lain, mentimun, jeruk bali, blewah, tomat, semangka, blueberry, stroberry, daun selada, dan bayam.


sumber gambar: http://www.thestandarddaily.com/wp-content/uploads/2015/06/Fasting.jpg
Diolah dari berbagai sumber
Penulis: Lingga Yuliana