Apa Hubungan Antara Merokok dan Kanker Tenggorokan?

16 Oct 2015

Menurut U.S. Surgeon General, tembakau dianggap menjadi penyebab berbagai macam masalah kesehatan dan salah satunya adalah kanker tenggorokan. Untuk mencegah dan mengobati kanker tenggorokan, obat-obat tradisional lebih banyak dipilih karena praktis dan aman dikonsumsi. Obat herbal kanker juga aman dikonsumsi sehingga penderita kanker tidak khawatir akan efek samping.

 

Apa hubungan antara merokok dan kanker tenggorokan?

 

Kanker tenggorokan atau dikenal juga dengan laryngeal cancer adalah sebuah kondisi dimana pertumbuhan sel-sel tidak normal dan tidak terkontrol pada bagian laring sehingga memicu pertumbuhan tumor. Sebagian besar kanker tenggorokan ini dimulai pada bagian laring dimana pita suara berasal. Laring ini memainkan peranan penting untuk bernapas, menelan, dan berbicara.

 

Menurut hasil penelitian, risiko kanker tenggorokan bisa meningkat dengan lamanya waktu seseorang merokok dan makin diperparah jika si perokok juga mengonsumsi alkohol. Sedangkan penelitian yang dilakukan di Kanada diketahui bahwa pada tahun 2002, sekitar 60 persen penderita kanker tenggorokan meninggal karena merokok dengan tanda-tanda awal suara serak, sulit untuk makan, bernapas, dan berbicara.

 

Merokok juga dianggap sebagai salah satu penyebab kanker tenggorokan karena tembakau mengandung banyak zat karsinogen atau penyebab kanker. Saat bernapas, senyawa ini menyebabkan perubahan genetik pada sel-sel yang berada di tenggorokan yang pada gilirannya menjadi penyebab kanker tenggorokan. Selain itu, merokok juga bisa meningkatkan risiko kanker tenggorokan karena laring mendapatkan senyawa karsinogen selama bernapas.

 

Penelitian yang dipublikasikan sekitar tahun 1950 juga menyatakan bahwa ada ada kaitan yang erat antara merokok dengan sejumlah penyakit kanker lain karena diketahui ada sekitar 60 senyawa karsinogen dalam rokok, yaitu aldehydes, ethylene oxide, aromatic amines, 1,3-butadiene, benzene, polycyclic aromatic hydrocarbons, dan N-nitrosamines. Karena itulah mengapa keputusan untuk berhenti merokok adalah langkah pertama untuk bisa sembuh dari kanker, terutama penyakit kanker tenggorokan.

 

Selain dengan berhenti merokok, penderita kanker tenggorokan juga bisa memulai pengobatan dengan mengonsumsi obat herbal kanker. Dan Anda bisa menjatuhkan pilihan pada Redkank Super. Obat dari Redkank ini termasuk salah satu obat khusus yang diracik untuk mengobati berbagai jenis kanker, termasuk kanker tenggorokan. Untuk mendapatkan hasil positif, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan menghubungi nomor telepon (021) 666 755 65 - 0857 15 888 555 dan 087 888 888 555 - 0822 11 888 555. Anda pun dapat datang langsung ke Gedung Amanyak Jalan Pluit Selatan Raya, Jakarta Utara untuk mengetahui lebih banyak tentang obat-obat tradisional dari Redkank.

 

Sumber:

  • hc-sc.gc.ca/hc-ps/tobac-tabac/legislation/label-etiquette/throat-gorge-eng.php
  • wiki.cancer.org.au/policy/Tobacco_control/Link_between_smoking_and_cancer

Diakses pada tanggal 12 Oktober 2015