Ketahui 6 Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

19 Jan 2016

Kecil namun menyebalkan dan mengurangi rasa percaya diri. Itulah kalimat yang tepat untuk mendeskripsikan jerawat. Kehadiran jerawat di wajah memang mengganggu dan dapat membuat seseorang menjadi canggung saat harus berhadapan dengan banyak orang. Oleh sebab itu, jerawat harus diatasi dengan cara yang ampuh.

 

Tapi, masalah jerawat tentu tidak bisa ditangani secara sembarangan. Beda jenis jerawat maka berbeda pula cara penanganannya. Mari kenali jenis-jenis jerawat dan cara penanganannya berikut ini:

 

Jerawat Papula

Ciri khasnya adalah warna merah muda meradang yang tidak disertai dengan timbulnya mata jerawat. Bagian yang paling sering terserang jerawat papula adalah pipi dan dahi. Untuk mengatasi jerawat ini, gunakan obat jerawat berbahan alami. Obat jerawat yang ampuh akan memulihkan peradangan jerawat dan kulit wajah pun kembali sehat. Bersihkan wajah secara teratur untuk mencegah timbulnya jerawat papula.

 

Jerawat Pustula

Jerawat yang satu ini juga ditandai dengan peradangan berwarna kemerahan. Namun jerawat pustula memiliki bagian mata jerawat berisi nanah kuning atau putih. Hampir sama dengan jerawat papula, jerawat pustula bisa diatasi dengan penggunaan obat atau kosmetik herbal anti jerawat.

 

Nodul

Jenis jerawat ini lebih parah daripada pustula. Ciri khas jerawat nodul adalah ukurannya yang lebih besar, terasa nyeri, dan bisa menyerang kulit dalam waktu berbulan-bulan. Teksturnya terasa sangat keras di bawah jaringan kulit dan sakit ketika ditekan. Jangan sembarangan menghadapi jerawat nodul. Baiknya, konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Jerawat Batu

Jerawat batu adalah jenis jerawat yang lebih besar dan lebih membandel dari jerawat nodul. Memencet atau mengoreknya secara sembarangan akan meningkatkan risiko infeksi dan bekas luka berupa bopeng pada permukaan kulit. Biasanya, dokter kulit akan memberikan suntikan kortison untuk mengurangi pembengkakan sekaligus mempercepat penyembuhan luka.

 

Jerawat Rosacea

Orang yang sudah dewasa rupanya juga bisa mengalami gangguan jerawat, yang biasa disebut jerawat rosacea. Penyebaran jerawat ini tampak berupa bintik yang menyebar di seluruh bagian muka seperti pipi, hidung, dahi, dan dagu. Jika tidak ditangani oleh dokter kulit, jerawat rosacea bisa semakin parah dan dapat merusak kulit wajah.

 

Jerawat Conglobata

Pernah lihat orang dengan kondisi jerawat yang amat parah? Kondisi tersebut dikenal dengan istilah jerawat conglobata. Paduan jerawat pustula, papula, nodul, dan jerawat batu menyerang seluruh permukaan wajah. Jerawat conglobata biasanya kebal terhadap obat-obatan dan butuh penanganan yang sangat intensif untuk mengatasinya.

 

Hindarilah menyepelekan jerawat sekecil apa pun karena dapat berkembang menjadi masalah yang lebih serius. Selalu rawat kesehatan dan kecantikan kulit wajah Anda dengan menggunakan kosmetik herbal berbahan alami dan aman digunakan sehari-hari, seperti Krim Muka Red Kank. Hubungi segera agen-agen Red Kank terdekat di kota Anda dan dapatkan Krim Muka Red Kank sekarang juga.


 

Sumber:

tekno.kompas.com/read/2012/02/11/12465750/apa.jenis.jerawat.di.wajah.anda

intisari-online.co/read/cara-menghilangkan-jerawat-batu

redkank.com/product/detail/71-krim-muka-red-kank

Diakses pada : 18 Januari 2016