3 Cara Alami Menyembuhkan Penyakit Diabetes

08 Jul 2015

Penyakit diabetes memang belum bisa disembuhkan, tapi untuk Anda para penderita diabetes, jangan pernah berputus asa. Yang harus selalu Anda lakukan saat ini adalah mengecek kondisi kadar gula secara berkala serta bagaimana caranya mengontrol agar angkanya berada pada angka normal, yakni sekitar 110 sampai 120. Kadar gula yang terlalu rendah di bawah 90 juga tidak baik, biasanya akan menyebabkan tubuh lemah dan lesu. Jadi bukan hanya menurunkan kadar gula yang harus Anda lakukan, tapi yang lebih tepat adalah memposisikan angka kadar gula Anda dalam jumlah yang normal. Penyakit diabetes berawal dari kesalahan pola makan dan gaya hidup. Ini adalah penyebab kebanyakan dari penyakit diabetes yang diderita banyak orang saat ini, meski ada juga yang menderita karena riwayat keturunan. Jadi cara penyembuhannya tentu saja adalah dengan cara-cara sejenis.

Berikut ini 3 cara alam yang bisa Anda lakukan untuk menyembuhkan penyakit diabetes tersebut:

  1. Memperbanyak puasa

Puasa menjadi cara penyembuhan yang paling baik bagi penderita diabetes. Pada saat berpuasa, maka kita akan bisa mengontrol jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Jadwal makan kita pun menjadi lebih teratur. Para dokter banyak menganjurkan para penderita diabetes untuk melaksanakan puasa sebagai salah satu terapi cara penyembuhan. Dengan puasa kita tidak akan merasa tersiksa saat ingin coba menghindari makanan kesukaan yang menjadi pantangan bagi diabetes. Namun jika tidak puasa, bisa jadi kita akan melanggarnya.

  1. Mengatur jumlah, jenis dan waktu makanan yang masuk

Tiga hal yang harus diperhatikan pada makanan para penderita diabetes adalah jenisnya apakah diperbolahkan atau menjadi pantanga, jumlahnya harus tidak melebihi jumlah yang ditentukan oleh ahli gizi, waktunya harus benar-benar dijaga. Seperti misalnya sarapan tidak boleh di atas jam 8.30 pagi, makan siang maksimal jam 1 siang, makan malam sebelum jam 7 malam dan sebagainya. Karena ini terkait dengan system pencernaan tubuh yang ingin dibangun menjadi sehat. Lakukan konsultasi dengan ahli gizi untuk mendapatkan keterangan yang lebih jelas dan tepat.

  1. Mengkonsumsi herbal

Jika Anda baru saja divonis menderita diabetes, maka pilihan obat yang paling baik untuk Anda adalah obat-obat herbal bermerek terpercaya yang banyak dijual di pasaran saat ini. Kenapa demikian? Penderita diabetes akan mengkonsumsi obat seumur hidupnya, sehingga ia harus benar-benar mengkonsumsi obat yang aman dan memiliki efek untuk menyembuhkan. Obat herbal aman dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama dan tidak menimbulkan efek samping. Jika Anda mengkonsumsi obat-obatan pada umumnya, maka yang terjadi setelah Anda mengkonsumsi obat-obat tersebut selama bertahun-tahun adalah berbagai efek samping seperti gangguan ginjal, gangguan pendengaran, penglihatan dan sebagainya. Hindari obat-obat seperti ini, gunakan ramuan obat alami yang lebih aman untuk kesehatan. Imbangi dengan mengatur pola makan yang disarankan oleh ahli gizi diabetes.

Olahraga pagi juga sangat baik untuk menjaga kadar gula agar tetap stabil. Olahraga yang disarankan untuk penderita diabetes adalah berjalan kaki. Namun tetap harus menggunakan alas karena jika tidak, khawatir akan tertusuk benda-benda tajam seperti paku. Kondisi kadar gula yang tingga akan membuat luka penderita diabetes sulit disembuhkan. Selain itu, untuk menyehatkan kembali pankreas, Anda bisa melakukan terapi air putih setiap hari. Setidaknya dalam sehari Anda harus menghabiskan dua liter air putih.