Cara Aman Mencegah Mata Minus Pada Anak Anda

26 Jun 2015

Cara Aman Mencegah Mata Minus Pada Anak Anda

Bagaimana cara terbaik mencegah mata minus pada anak Anda tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan atau operasi?

Mata minus bukan hanya diderita oleh orang dewasa, namun anak-anak juga bisa mengalami hal ini. Mata minus merupakan gangguan yang terjadi karena faktor keturunan namun faktor lain.

Mata minus sendiri dibagi menjadi dua yaitu mata minus rabun dekat dan rabun jauh. Sekalipun mata minus lebih banyak dialami oleh orang dewasa namun anak-anak terutama anak usia sekolah juga bisa mengalaminya.

Beberapa hal yang menyebabkan mata minus pada anak diantaranya:


 

  1. Faktor keturunan

    Faktor keturunan bisa menjadi penyebab dari mata minus yang dialami anak-anak. Jika ayah atau ibunya mengalami mata minus, hal ini bisa diturunkan kepada anak-anaknya sekalipun hanya satu anak saja yang mengalaminya.
     

  2. Istirahat yang kurang

    Kurang istirahat bisa menyebabkan mata menjadi minus, jika anak-anak memaksakan mata untuk belajar terlalu lama di depan komputer maka kebiasaan ini bisa menimbulkan mata minus.
     

  3. Kurang vitamin A

    Vitamin A sangat penting untuk menjaga kesehatan mata, jika anak kekurangan vitamin  ini maka bisa menyebabkan gangguan mata seperti halnya mata minus.

 

Untuk mencegah mata minus pada anak Anda, cara terbaik adalah  menghindari beberapa hal di atas. Jika anak Anda sudah mengalami mata minus, untuk mengobatinya memang dibutuhkan penanganan terbaik. Anda bisa melakukan operasi mata ataupun dengan melakukan terapi yang dianjurkan dokter. Tentunya mencegah mata minus pada anak Anda dengan mengetahui penyebabnya terlebih dulu jauh lebih baik dibandingkan mengobatinya.

Berikut beberapa cara terbaik untuk mencegah mata minus pada anak-anak.
 

  1. Istirahatkan mata dengan cukup

    Jika anak-anak serng berada di depan monitor, pastikan anak-anak mengistirahatkan mata dengan cukup. Anda bisa memastikan anak-anak tidur setidaknya 7 hingga 8 jam perhari sehingga mata benar-benar beristirahat. Jika anak-anak kurang istirahat, saat pagi hari mereka bisa mengalami pusing, lemas dan mengantuk di sekolah.
     

  2. Konsumsi makanan yang menyehatkan mata

    Beberapa sumber makanan yang menyehatkan mata diantaranya adalah wortel. Wortel kata dengan vitamin A dan vitamin C yang membantu menyehatkan mata. Untuk membiasakan anak-anak mengkonsumsi wortel memang tidak mudah. Anda bisa membuat jus wortel untuk mencegah mata minus pada anak. Selain itu, memasak wortel untuk sayur setiap hari juga bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda agar anak-anak terhindar dari mata minus.
     

  3. Hindari membaca di tempat yang gelap dan terlalu terang

    Hindarkan anak-anak membaca di tempat yang gelap dan terlalu terang karena pencahayaan tersebut bisa menimbulkan kerusakan pada mata. Jika anak-anak sering membaca di tempat gelap mereka cenderung untuk membaca dengan jarak dekat. Namun, membaca di tempat yang terlalu terang pencahayaannya, hal ini juga bisa menyebabkan mata bermasalah.
     

  4. Konsultasi dokter

    Konsultasikan pada dokter jika anak-anak mengalami keluhan pada mata mereka. Segera memeriksakan mata saat anak mengeluh sakit mata, hal ini menjadi langkah awal mencegah mata minus pada anak Anda. Dokter akan memeriksa dengan seksama kondisi mata anak, jika memang terjadi gejala mata minus, Anda harus menanganinya dengan cepat dan tepat.

 

Mata yang sehat membantu aktivitas lebih menyenangkan, demikian juga pada anak-anak. Mata minus memang sering dialami mereka yang berusia diatar 40 tahun, tapi anak-anak karena beberapa faktor di atas, bisa mengalami mata minus baik rabun dekat atau rabun jauh. 

 

(sumber gambar: www.infoprodukgreenworld26.blogspot.com)