5 Buah Dengan Kandungan Antioksidan Terbanyak

25 Jun 2015

sumber gambar : http://images.wisegeek.com/mixed-berries.jpg

Anda gemar konsumsi buah, apa yang Anda dapatkan dari buah tersebut? Mengkonsumsi buah terutama secara langsung tanpa diolah bisa memberikan efek sangat baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Salah satu kandungan penting dalam buah adalah antioksidan, namun tidak semua buah mengandung antioksidan. Antioksidan sangat dibutuhkan tubuh untuk mencegah radikal bebas. Ada beberapa buah dengan kandungan antioksidan terbanyak yang bisa Anda konsumsi untuk mendapatkan manfaat dari zat tersebut. Antioksidan memiliki fungsi untuk mengurangi efek buruk radikal bebas serta membantu peraikan sel-sel tubuh dan menggantikannya dengan sel tubuh yang lebih sehat.

Ada banyak sumber antioksidan baik dari dalam tubuh maupun diperoleh dari luar tubuh melaui sumber makanan tertentu. Sumber antioksidan dari luar tubuh yang paling banyaka pada buah-buahan. Jika Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan yang tinggi, berbagia jenis penyakit akan jauh dari kehidupan Anda. Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari zat ini, Anda bisa memilih buah dengan kandungan antioksidan terbanyak dan mengkonsumsinya langsung. Buah yang dikonsumsi mentah tanpa dimasak memiliki konsentrasi antioksidan tertinggi.

Berikut 5 buah dengan kandungan antioksidan terbanyak.

  1. Jeruk

Jeruk memiliki kandungan antioksidan tertinggi yang bisa mencegah penuaan dini, kerusakan kulit serta bahaya radikal bebas lainnya. Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari buah ini, Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung. Jeruk mengandung vitamin C yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan juga untuk kesehatan tubuh. Buah ini juga memiliki harga yang terjangkau dan mudah didapatkan sehingga sangat cocok untuk mencukupi kebutuhan antioksidan setiap saat.

  1. Kurma

Kurma merupakan buah yang sering dikonsumsi saat bulan puasa, buah satu ini juga kaya akan antioksidan. Kurma menjadi salah satu alternatif buah dengan kandungan antioksidan terbanyak dan mudah didapatkan. Beberapa kandungan zat penting dalam kurma diantaranya kalsium, vitamin A, B2, B12, vitamin C, magnesium, seng, mangga, selulosa, sulfur, aspirin dan juga fluorin. Selain itu, kurma juga mengandung serat dan karbohidrat, kandungan vitamin C dalam kurma inilah yang sangat penting karena sebagai antioksidan. Antioksidan dalam kurma disebut tanin yang memiliki sifat anti-inflamasi dan anti infeksi. Kandungan vitamin A dalam kurma juga penting untuk menjaga kesehatan mata.

  1. Blueberry

Buah yang memiliki kandungan antioksidan terbanyak lainnya adalah blueberry. Buah satu ini memiliki rasa sedikit masan dan sering dijadikan selai. Selain digunakan untuk selai, blueberry juga bisa digunakan untuk topping roti. Kandungan zat penting dalam blueberry diantaranya vitamin B1,B2, vitamin C, vitamin E dan juga vitamin K. Kandungan vitamin C dalam buah ini sangat baik sebagai antioksidan Dan blueberry juga mengandung zat antosinin yang merupakan zat antioksidan untuk mencegah dan menghambat berkembangnya sel kanker.

  1. Strawberry

Strawberry adalah buah yang memiliki antioksidan untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga baik untuk kecantikan. Buah ini mampu menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan. Bagi Anda yang ingin tampil awet muda, Anda bisa mengkonsumsi strawberry secara rutin.

  1. Anggur

Buah anggur mengandung antioksidan tinggi, buah ini sering dibuat menjadi kismis dan banyak dijumpai pada  berbagai roti. Buah dengan kandungan antioksidan terbanyak ini bisa dikonsumsi langsung karena rasanya yang manis.

Dengan mengkonsumsi 5 buah dengan kandungan antioksidan terbanyak di atas, Anda bisa menjaga kesehatan tubuh setiap saat tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan kimia.