Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Dengan 5 Cara Ini

24 Jun 2015

Daya tahan tubuh sangat penting untuk siapa saja, pastinya dengan daya tahan tubuh yang kuat, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas. Jika Anda sering mengalami penurunan daya tahan tubuh, ada beberapa tips meningkatkan daya tahan tubuh yang bisa Anda lakukan. Pada umumnya setiap orang memang membutuhkan daya tahan tubuh yang kuat, namun karena beberapa hal daya tahan tubuh bisa menurun. Intinya, untuk melakukan berbagai aktivitas, Anda bisa melakukannya dengan cara yang mudah bahkan dengan cara gratis. Beberapa penyebab daya tahan tubuh menurun diantaranya adalah sering begadang, kurang olahraga, terlalu sering merokok dan penyakit.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sebaiknya Anda melakukannya secara alami. Memang ada banyak produk untuk meningkatkan stamina tubuh terutama suplemen. Namun, konsumsi suplemen bukanlah tips meningkatkan daya tahan tubuh yang tepat. Cara alami meningkatkan stamina tubuh jauh lebih aman dibandingkan konsumsi suplemen.

Berikut beberapa tips alami meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Konsumsi makanan sehat

Konsumsi makanan yang sehat sangat penting bukan hanya untuk menjaga kesehatan namun juga sangat baik untuk meningkatkan stamina tubuh. Jika Anda mengkonsumsi makanan sehat setiap hari terutama makanan olahan sendiri, hal ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Efeknya, Anda bisa terhindar dari berbagai penyakit. Tips meningkatkan daya tahan tubuh yang tepat adalah dengan konsumsi sayuran dan buah-buahan. Sayuran dan buah mengandung banyak gizi, selain itu Anda bisa mengkonsumsi daging dan lauk lainnya dalam jumlah yang cukup. Buah dan sayuran mengandung banyak antioksidan, mineral dan vitamin yang sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh.

  1. Olahraga teratur

Olahraga sangat penting bagi kesehatan tubuh, terutama untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Olaharag menjadi salah satu bagian penting dalam hidup siapa saja, namun hanya beberapa orang saja yang sadar pentingnya kesehatan. Agar daya tahan tubuh Anda tetap terjaga, pastikan Anda berolahraga seminggu dua atau tiga kali. Olahraga mampu mengeluarkan racun dengan cepat dalam tubuh. Mereka yang rutin berolahraga bisa mendapatkan tubuh yang sehat, kuat dan pastinya jauh dari penyakit. Tips meningkatkan daya tahan tubuh dengan olahraga ini memang sangat dianjurkan oleh ahli kesehatan, selain mudah dan murah, olahraga juga tidak menimbulkan efek bahaya bagi tubuh.

  1. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup bisa membantu Anda lebih fresh saat pagi hari, setidaknya Anda bisa meluangkan waktu dimalam hari 7 hingga 8 jam untuk tidur. Jika waktu tidur Anda kurang, hal ini bisa menggangu kesehatan. Tidur kurang dari 7 jam bisa menurunkan stamina Anda dan hal ini akan menggangu Anda saat bekerja.

  1. Cukup konsumsi air putih

Air putih sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, jika tubuh Anda sehat maka Anda bisa beraktivitas dengan baik. Bisakan untuk minum air putih 7 hingga 8 gelas perhari agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Dengan mencukupi kebutuhan air dalam tubuh, Anda akan terhindar dari dehidrasi. Stamina terus terjaga bila Anda mencukupi kebutuhan air dalam tubuh.

  1. Hindari stres

Stres bisa menimbulkan daya tahan tubuh menurun sehingga Anda bisa menghindari stres dengan mengistirahatkan pikiran di tempat wisata atau tempat yang Anda sukai. Refresing adalah cara terbaik untuk menghindarkan stres yang bisa menimbulkan berbagai penyakit.

Beberapa tips meningkatkan daya tahan tubuh di atas sangat mudah dilakukan dan tentunya efektif untuk kesehatan Anda.

sumber gambar : http://www.lifemartini.com/wp-content/uploads/2011/09/Foods-That-Improve-Stamina.jpg

Penulis : Gede Kurnia