Hentikan Konsumsi Fast Food Setelah Baca Ini

24 Jun 2015

Fast food menjadi salah satu makanan yang sangat mudah dikonsumsi oleh siapa saja terutama bagi mereka yang tidak punya banyak waktu untuk memasak sendiri. Banyak yang tidak menyangka bahwa konsumsi fast food yang terlalu sering bisa menimbulkan bahaya. Bahaya konsumsi fast food memang tidak dirasakan saat itu juga namun lama kelamaan Ada bisa merasakan efeknya secara nyata. Fast food disajikan dan diolah dengan sangat cepat dan inilah yang menjadi pilihan bagi mereka yang sibuk bekerja. Konsumsi makanan instan saat bagi masyarakat perkotaan adalah hal yang biasa bahkan menjadi kebutuhan setiap hari.

Mungkin Anda juga menjadi salah satu konsumen setia makanan cepat saji tersebut. Dibalik kelezatan fast food yang Anda konsumsi setiap hari ternyata bisa menimbulkan berbagai penyakit yang berbahaya. Beberapa jenis fast food yang sering dikonsumsi masyarakat diantaranya pizza, spaghetti, hamburger, french fries dan juga sandwich. Selain itu banyak juga fast food dalam bentuk makanan. Bahaya konsumsi fast food memang tidak begitu dipikirkan oleh masyarakat karena kelezatan makanan dan minuman itu sendiri sangat menggiurkan. Beberapa minuman yang juga berbahaya untuk dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih adalah minuman bersoda. Kebanyakan minuman bersoda dan makanan yang digolongkan sebagai fast food memiliki kandungan kalori dan lemak yang tinggi.

Pada umumnya makanan cepat saji diproses dalam waktu yang lama, hal ini menimbulkan kandungan gizi yang ada pada makanan tersebut hilang. Padahal setiap hari tubuh membutuhkan gizi yang cukup, jika setiap hari Anda mengkonsumsi fast food maka Anda bisa kekurangan gizi. Fast food mengandung banyak zat adiktif diantaranya adalah pemanis buatan, pewarna dan juga zat kimia lainnya yang berbahaya bagi tubuh. Nah, apakah Anda masih ingin mengkonsumsi fast food?

Bahaya konsumsi fast food diantaranya adalah:

  1. Menimbulkan obesitas

Seseorang yang terlalu sering mengkonsumsi fast food dia berpeluang besar untuk mengalami obesitas. Hal ini karena fast food mengandung banyak lemak dan kalori yang berlebih. Bila konsumsi fast food tersebut dilakukan secara terus menerus maka kalori dalam tubuh akan berlebih sehingga bisa menjadi lemak yang tidak terpakai.

  1. Menimbulkan serangan jantung

Hindari fast food jika Anda tidak ingin mengalami serangan jantung. Pecinta fast food memiliki risiko yang cukup besar untuk mengalami serangan jantung atau jantung koroner. Banyaknya kalori yang ada pada makanan cepat saji bisa mengakibatkan insulin diproduksi dalam jumlah yang cukup banyak. Insulin tersebut akan mengubah karbohidrat dan menjadikannya gula. Jika insulin yang diproduksi terlalu banyak, hal ini bisa menimbulkan kerusakan pada pembuluh darah.

  1. Diabetes

Diabetes bisa ditimbulkan karena konsumsi makanan berlemak yang terlalu banyak dan diantaranya adalah konsumsi fast food. Bahaya konsumsi fast food memang tidak terasa sata Anda makan, tapi semakin banyak Anda mengkonsumsinya, Anda bisa mengalami berbagia penyakit diantaranya adalah diabetes.

Selain menimbulkan beberapa penyakit di atas, konsumsi fast food juga bisa menimbulkan ketagihan. Sekali dua kali Anda mengkonsumsinya dan merasakan kelezatan fast food, Anda akan semakin ketagihan. Cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang diolah sendiri. Makanan olahan sendiri jauh lebih sehat dan tentunya tidak menimbulkan penyakit apapun. Berbagai jenis fast food yang dijual saat ini memang lezat tapi bagaimana dengan bahaya yang ditimbulkan dari berbagai jenis makanan tersebut?

sumber gambar : http://cdn.redalertpolitics.com/files/2012/08/Fast-Food.jpg

Penulis : Gede Kurnia