5 Manfaat Meminum Teh Secara Rutin

25 Jun 2015

sumber gambar : http://www.nuga.co/wp-content/uploads/2014/12/Manfaat-teh.jpg

Pagi hari dan sore hari sangat nikmat jika minum teh hangat, apalagi dengan camilan makanan kesukaan Anda. Apakah mengkonsumsi teh hanya untuk mendapatkan kesegarannya atau Anda memiliki alasan lain konsumsi teh tersebut? Ada cukup banyak manfaat meminum teh sehingga banyak juga yang meminumnya. Ada beberapa jenis teh yang bisa Anda konsumsi diantaranya green tea, teh hitam, teh herbal, flavored teh dan teh putih. Yang paling banyak dikonsumsi oleh masayarakat adalah green tea atau teh hijau dan juga teh hitam.Teh hijau merupakan teh yang dibuat dengan cara dikukus. Teh ini memiliki kandungan kafein, mineral dan juga vitamin.

Teh hitam merupakan teh yang dikenal dan dikonsumsi terbanyak oleh masyarakat. Teh hitam memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi karena dalam satu cangkir eh hitam mengandung 40 miligram kafein. Sedangkan teh herbal merupakan teh yang terbuat dari akar, daun, biji atau kulit kayu yang memiliki manfaat tertentu. Manfaat meminum teh bisa dirasakan setelah Anda rutin mengkonsumsinya demikian juga teh herbal. Ada juga masyarakat yang gemar minum teh putih, teh jenis ini merupakan teh yang dibuat dari berbagai jenis teh yang telah teroksidasi. Konsumsi teh ini bisa mencegah penyakit kanker dan kebaikan teh ini adalah rendah kafein namun sangat tinggi antioksidan.

Berikut beberapa manfaat meminum teh secara rutin.

  1. Mencegah dan mengurangi stres

Jika Anda sering marah, stres dan cemas, segera minum teh, jika Anda teratur mengkonsumsi teh, Anda bisa mencegah stres dan juga kecemasan dengan mudah. Teh sangat baik untuk mengatasi ketegangan yang bisa menimbulkan stres dan cemas yang berlebih. Beberapa jenis teh yang sangat baik untuk mencegah dan mengurangi stres adalah teh hitam. Teh hitam mampu mengurangi kadar hormon stres sehingga Anda bisa terbebas dari stres.

  1. Pelangsing

Banyak wanita yang memilih minum teh secara rutin untuk menurunkan berat badan terutama teh hijau. Teh mengandung senyawa polifenol dan mateine. Polifenol ini juga bersama dengan kafein maka bisa meningkatkan pengeluaran oksidasi lemak dan juga meningkatkan pengeluaran energi. Senyawa mateine bermanfaat untuk menurunkan berat badan karena bisa meningkatkan metabolisme. Jika Anda ingin langsing secara alami, konsumsilah teh secara rutin.

  1. Antioksidan tinggi

Banyak yang percaya mengkonsumsi teh menjadikan mereka awet muda, hal ini karena teh mengandung antioksidan tinggi. Antioksidan sangat penting untuk mencegah penuaan dini seperti adanya garis halus dan noda hitam di wajah. Bagi kaum wanita, mereka bisa mengkonsumsi teh secara rutin untuk mendapatkan manfaat meminum teh tersebut. Teh yang sangat baik untuk mendapatkan antioksidan tinggi adalah teh putih.

  1. Mencegah penyakit kanker

Takut dengan penyakit kanker? Silahkan mengkonsumsi teh terutama teh hijau dan teh putih. Kedua jenis teh ini sangat baik untuk mencegah kanker karena memiliki kandungan EGCG. Teh hijau sangat cocok dikonsumsi wanita agar mereka terhindar dari kanker payudara.

  1. Terapi bagi penderita diabetes

Untuk menurunkan akdar gula darah secara alami, Anda bisa minum teh hijau secara teratur. Teh hijau mengandung polisakarida yang berfungsi untuk menghambat terserapnya glukosa sehingga penderita diabetes bisa berangsung-angsur membaik.

Dengan rutin minum teh, Anda bisa mendapatkan manfaat yang terbaik untuk kesehatan tubuh. Manfaat meminum teh bisa Anda rasakan jika setiap hari Anda mengkonsumsinya, hal ini bisa mencegah Anda dari berbagai penyakit dan juga menjaga keindahan kulit Anda.