Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Diabetes

22 Nov 2015

Sebagian orang menganggap bila penyakit diabetes identik dengan penyakit keturunan. Padahal nyatanya pola hidup yang sehat dan disiplin akan menjauhkan Anda dari risiko penyakit diabetes. Selain mengonsumsi obat-obat tradisional untuk mengatasi diabetes, ada baiknya pula jika Anda menghindari penyakit diabetes tersebut sejak dini.

 

Disiplin mengonsumsi obat herbal untuk diabetes memang baik. Dengan demikian, Anda bisa meminimalkan pengaruh buruk diabetes terhadap kesehatan Anda. Tetapi gaya hidup sehat untuk mencegah diabetes juga tidak kalah praktis dan menyenangkan untuk dijalankan mulai dari sekarang.

 

Memantau Berat Badan Secara Teratur

Berat badan yang berlebihan bahkan hingga obesitas akan meningkatkan risiko diabetes. Bahkan orang-orang yang mengalami obesitas dan berhasil menurunkan berat badan sebesar 5% akan terhindar dari risiko diabetes hingga persentase 70%. Memantau berat badan secara teratur sangat penting agar Anda bisa mengontrol asupan kalori yang Anda konsumsi setiap hari.

 

Kenali Kandungan Gula Tersembunyi Dalam Makanan

Ada banyak sekali makanan dengan label sehat yang mengecoh para konsumen. Label “sugar free” bisa saja berarti bebas kandungan gula pasir atau glukosa. Sementara kandungan gula lain yang berasal dari fruktosa, sukrosa, sirup jagung, maltosa, dan pemanis sintetis lainnya digunakan sebagai pengganti glukosa.

 

Apa pun jenisnya, kandungan gula harus diwaspadai dalam setiap bahan makanan. Akan jauh lebih baik jika Anda mengolah makanan Anda sendiri daripada bergantung pada makanan berlabel sehat yang siap saji.

 

Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Serat

Kandungan serat dalam makanan adalah nutrisi alami yang membantu menangkal diabetes. Mengonsumsi makanan yang kaya serat akan membuat Anda kenyang lebih lama dan tidak menimbun asupan kalori yang berlebihan dalam tubuh.

 

Banyak sekali jenis makanan yang mengandung serat, misalnya gandum utuh, buah-buahan, kacang—kacangan, dan aneka jenis sayuran. Mulailah mengolah makanan sehat dengan teknik memasak yang sehat dan menggunakan sedikit minyak seperti merebus, mengukus, membuat sup, atau menumis.

 

Lakukan Aktivitas Fisik Mulai dari Sekarang

Aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur akan membantu tubuh Anda menstabilkan kadar gula dalam darah. Saat beraktivitas fisik, produksi hormon insulin akan mencapai taraf normal sehingga kadar gula dalam darah jadi lebih stabil.

 

Melakukan aktivitas fisik juga akan meningkatkan metabolisme tubuh dalam membakar lemak. Sehingga risiko kelebihan berat badan dan penyakit komplikasi lainnya akan menjauhi Anda. Tidak harus pergi ke pusat kebugaran untuk melakukan aktivitas fisik. Anda bisa melakukan banyak hal mulai dari lari pagi, bermain badminton, renang, bersepeda, atau berjalan-jalan bersama hewan peliharaan.

 

Sediakan selalu obat herbal untuk diabetes, seperti Kemadiamel untuk mengobati diabetes. Selain alami, obat herbal ini pun aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Anda dapat mengunjungi Gedung Amanyak, Jl. Pluit Selatan Raya, Jakarta Utara, untuk membelinya sambil berkonsultasi dengan para ahli.

 

Nah, apakah Anda sudah siap mencegah diabetes mulai hari ini?

 

Sumber:

  • mayoclinic.org/diseases-conditions/type-2-diabetes/in-depth/diabetes-prevention/art-20047639

  • prevention.com/health/diabetes/easy-rules-diabetes-prevention

Diakses pada tanggal 12 Oktober 2015