Ragam Olahraga untuk Penderita Diabetes

13 Nov 2015

Mengidap penyakit diabetes bukanlah akhir dari segalanya. Selain mengonsumsi obat herbal untuk diabetes, ada baiknya Anda pun dapat mengontrol kesehatan dan kadar gula darah. Jangan pasrah dengan penyakit yang menghadang. Sebab, tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai pola hidup sehat.

 

Penderita diabetes bahkan dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga secara teratur. Sebab, nyatanya aktivitas fisik tersebut mampu meningkatkan kualitas kesehatan penderita diabetes.

 

Mengapa Penderita Diabetes Wajib Berolahraga?

Berolahraga secara teratur dapat meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh. Insulin adalah salah satu hormon yang diproduksi oleh organ pankreas untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Insulin akan memutuskan apakah karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh akan diolah menjadi energi atau digunakan sebagai cadangan makanan. Fungsi insulin yang bekerja dengan baik membuat kadar gula darah penderita diabetes menjadi lebih stabil. Sehingga risiko komplikasi penyakit akibat diabetes bisa diminimalkan.

 

Ragam Olahraga yang Cocok untuk Penderita Diabetes

Kendati wajib berolahraga, penderita diabetes sebenarnya tidak perlu melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat. Tiga olahraga berikut ini adalah alternatif yang tepat bagi Anda yang mengidap diabetes.

 

Berjalan kaki

Jalan kaki adalah olahraga yang praktis dan gratis. Bahkan, manfaat jalan kaki juga tidak kalah dengan olahraga aerobik. Sebaiknya Anda melakukan olahraga ini selama 3 kali seminggu dengan total waktu 150 menit.

 

Berenang

Olahraga renang sangat efektif untuk memperlancar aliran darah dan meminimalkan stres. Jenis olahraga yang satu ini juga unggul karena tidak berisiko menimbulkan luka pada penderita diabetes. Sebab, luka yang terdapat pada kulit penderita diabetes biasanya sukar sembuh karena dipengaruhi oleh kadar gula darah yang tinggi.

 

Yoga

Bila Anda menyukai olahraga yang bisa menenangkan pikiran, cobalah olahraga yoga. Olahraga ini efektif untuk meminimalkan stres, menjaga kelenturan tubuh, dan meningkatkan insulin dalam menstabilkan kadar gula darah.

 

Sebelum melakukan aktivitas fisik, jangan lupa untuk mengecek kadar gula darah Anda. Mulailah hari Anda dengan sarapan bergizi dalam porsi seimbang sebelum berolahraga. Gunakan alat-alat olahraga yang berkualitas untuk menjamin kenyamanan Anda selama berolahraga.

 

Sudah berolahraga secara teratur, jangan lupa untuk mengatasi diabetes Anda dengan konsumsi obat-obat tradisional seperti Redkank Super yang terbuat dari bahan-bahan alami. Kandungan Redkank Super tidak hanya ampuh atasi kanker, namun juga dapat membantu menstabilkan kadar gula darah para penderita diabetes.

 

Dapatkan Redkank Super secara mudah melalui situs e-clinic Tian Da Ren Tang; www.tiandarentang.com sekarang juga. Sebab, menjaga kualitas kesehatan tentu tidak boleh ditunda-tunda.

 

Sumber:

  • dtc.ucsf.edu/living-with-diabetes/activity-and-exercise/benefits-of-exercise/

  • everydayhealth.com/diabetes-pictures/6-great-exercises-for-people-with-diabetes.aspx#05

  • webmd.com/diabetes/type-2-diabetes-guide/exercise-guidelines

  • redkank.com/product/detail/35-red-kank-super

Diakses pada tanggal 21 Oktober 2015