Periodontitis Kronis



Definisi

Periodontitis kronis merupakan akibat infeksi persisten plak bakteri di leher gigi bersamaan dengan rusaknya membran periodontal dan tulang alveolar. 

Manifestasi Klinis

Keluhan berupa perdarahan gusi yang biasanya dimulai dengan perubahan warna gusi menjadi kehitaman dan terdapatnya plak. Gingiva menjadi lebih lunak dan halus, penekanan sedikit saja akan menimbulkan perdarahan.

Penatalaksanaan

Sama dengan penatalaksanaan gingivitis.

  1. Gingitivis

Definisi
Gingivitis adalah suatu inflamasi pada jaringan gusi, merupakan penyakit jaringan penyangga gigi yang paling ringan. Dapat terjadi akut atau kronik, tetapi bentuk akut lebih sering ditemukan. Faktor penyebab terjadinya gingivitis adalah faktor lokal dan sistemik. Faktor penyebab lokal adalah plak, kalkulus, impaksi makanan, karies, dan tambalan yang berlebih atau mengemper. Plak yang merupakan deposit berisi mikroorganisme mulut beserta eksudatnya memegang peranan penting terhadap terjadinya inflamasi tersebut, sedangkan faktor-faktor yang lain merupakan faktor yang memperberat. Tingkat keparahan dan kerusakan jaringan yang terjadi tergantung pada daya tahan tubuh dan kualitas reparasi jaringan. Adanya penyakit atau kondisi sistemik yang menyebabkan penurunan daya tahan tubuh penderita, dapat menambah keparahan penyakit. Tetapi tanpa adanya iritasi lokal diragukan bahwa penyakit sistemik dapat menyebabkan penyakit periodontal.

 

Penatataksanaan

o Hilangkan plak dan seluruh faktor pemberat.
o Beri instruksi pembersihan mulut yang baik.
o Beri instruksi kontrol periodik.