Angina Ludovici

Definisi
Angina ludovici adalah selulitis atau flegmon ruang potensial sublingual dan submandibula (suprahioid). Disebut juga Ludwig’s angina atau selulitis submandibula.

Etiologi
Kuman penyebab mungkin kuman aerob dan anaerob. Sering berasal dari gigi, tapi dapat juga dari peradangan supuratif kelenjar limfe servikal di dalam ruang submandibula.

Manifestasi Klinis
Demam, nyeri tenggorok, dan leher, disertai pembengkakan di daerah submandibula yang tampak hiperemis, nyeri tekan, dan keras pada perabaan (seperti kayu). Dasar mulut membengkak, dapat mendorong lidah ke atas belakang sehingga menimbulkan sesak napas.

Komplikasi
Dapat terjadi sumbatan jalan napas, penjalaran ke ruang leher dalam yang lain, penjalaran ke mediastinum, dan sepsis.

Diagnosis Banding
Limfadenitis submandibula dan abses gigi.

Penatalaksanaan
Pasien dirujuk untuk dirawat. Diberikan antibiotik dosis tinggi untuk kuman aerob dan anaerob secara parenteral, penisilin 600.000-1.200.000 unit atau ampisilin 2-4 x 500-1.000 mg atau gentamisin 2 x 40-80 mg, kloramfenikol 3-4 x 250-500 mg, metronidazol 3 x 250-500 mg. Juga dilakukan eksplorasi untuk dekompresi dan evakuasi pus atau jaringan nekrotik dalam narkose. Insisi dilakukan di garis tengah secara horizontal setinggi os hioid (3-4 jari di bawah mandibula). Sebelum dilakukan insisi dan drainase, harus dipersiapkan untuk kemungkinan trakeostami karena intubasi sulit dilakukan. Penyebab infeksi harus diobati untuk mencegah kekambuhan. Komplikasi yang terjadi diatasi, misalnya dengan trakeostomi untuk sumbatan jalan napas atau infus ringer laktat bila syok septik. Pasien dirawat inap sampai infeksi reda.